Skip to main content

SUNGAI AMAZON DI PACITAN _ PESONA PACITAN

SUNGAI AMAZON DI PACITAN - Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat pagi sob, mungkin sobat sudah bertanya tanya mengapa ada sungai amazon di Pacitan. Sebenarnya sungai amazon itu hanya sebuah julukan dari SUNGAI MARON.

 www.vebma.com
Karena tempat ini seperti sungai amazon sob. Sungai maron pun tidak kalah dengan amazon. Tempat ini juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Dengan sungai yang cukup luas juga di sepanjang sungai dikelilingi oleh epohonan hijau yang rindang. Sungai ini kerap juga dibandingkan oleh masyarakat dengan sungai amazon. Dengan keindahan sungai ini, tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Tapi sayangnya sungai ini belum begitu terkenal di kalangan masyarakat. Tapi sudah cukup banyak yang datang ke sungai ini.Dengan panorama yang sangat indah yang disuguhi di sungai ini sayang kalau tidak banyak orang yang mengetahuinya. Jika sobat berkunjung ke Pacitan sempatkan untuk ke tempat ini sob. Pasti tidak bakalan rugi. Untuk sobat yang pengin refresing, tempat ini sangat cocok untuk sobat. Karena tempat ini sangat kalem dan sangat segar udaranya.

Sungai Maron berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 kilometer dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Sungai Maron mengalir bermuara menuju PANTAI NGIROBOYO. Sungai Maron sangat berarti bagi masyarakat Desa Dersono dan Desa Sendang, karena berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan. Oleh karena itu sungai ini sangat dijaga kelestariannya. Sungai ini cukup dekat dengan lokasi PANTAI KLAYAR, jadi ketika anda berkunjung ke sungai ini, anda juga dapat sekalian berlibur ke PANTAI KLAYAR.

Selain untuk sumber air warga, sungai ini juga digunakan untuk lalulintas warga sekitar sob. Seperti halnya mengangkut hasil pertanian dan lain sebagainya dengan menggunakan perahu tentunya. Untuk hal lain tempat ini juga sering digunakan untuk mencari ikan oleh warga sekitar sob.

Setiap tahun, sungi ini selalu menjadi tempat untuk perlombaan dayung sob. Perlombaan ini juga bisa untuk ajang promosi ke masyarakat sob. Lomba dayung ini bisa di ikuti oleh siapapun sob kecuali jika ada even tertentu yang mengharuskan untuk pesertanya dikhususkan.

Jika sobat berkunjung ke tempat ini, biaya masuk hanya dibebankan Rp 2.000,00 saja sob. Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sungai ini adalah menyusuri sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, sobat akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai.

Perahu yang digunakan untuk menyusuri sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.Untuk penyewaan kapal sobat dikenakan biaya Rp 100.000,00 s/d Rp 150.000,00 tergantung jenis perahu yang disewa. Tapi juga ada perahu yang lebih kecil yang dikenakan biaya Rp 75.000,00. Dan anda akan dibawa menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 4,5 km ini lebih dari 1 jam. Dan diakhir perjalanan anda akan menemukan PANTAI NGIROBOYO di muara sungai ini


                                bp.blogspot.com

Rute ke Sungai Maron ini jika anda dari arah Kota Pacitan maupun dari arah Solo   yaitu  melalui Jln. Raya Pacitan– Solo, lalu mengambil arah ke Desa Dersono saat melewati pertigaan Desa Ngadirejan. Hal yang harus anda ketahui yaitu  medan jalan saat menuju Sungai Maron ini terbilang tidak mulus. Selain itu, Anda juga harus melalui kondisi jalanan yang menanjak dan berlika-liku. Pastikan untuk tetap berhati-hati tatkala mengemudikan kendaraan menuju sungai maron ini.

ok sob sekian untuk postingan kali ini. Jangan lupa untuk berkunjung ke postingan saya yang lain.

Semoga bermanfaat dan SELAMAT BERPIKNIK

Wassalamu;alaikum Wr Wb.

Comments

  1. ada ikan piranhanya ga sob? hhee
    kalo di lihat" sih emng bener mirip sungai amazon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau di kasih ikan piranha ada sob. wkwkwk

      trimakasih sudah berkunjung

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AIR TERJUN CURUG GRINGSING TEGALOMBO PACITAN _ PESONA PACITAN

AIR TERJUN CURUG GRINGSING TEGALOMBO PACITAN - Assalamu'alaikum Wr Wb Walaupun kota yang dijuluki sebagai kota 1001 goa ini memiliki banyak wisata Goa dan pantai, tetapi masih ada wisata yang lain yang berada di kota 1001 goa ini sob. Seperti halnya wisata PINUS KITA ( click to view page ) dan wisata PACITAN INDAH ( click to view page ).  

INDAHNYA PANTAI PIDAAN _ PESONA PACITAN

INDAHNYA PANTAI PIDAAN - Assalamu'alaikum Wr Wb. Selamat sore sob, udah 2 hari nggak ketemu. Dan ini saya ngeblog lagi. Oke langsung saja. Dalam postingan kali ini masih mengenai pantai sob. Maklum, pacitan banyak pantainya. Dan di postigan ini membahas tentang PANTAI PIDAAN.

PESONA INDAH PANTAI SRAU PACITAN _ PESONA PACITAN

 PESONA INDAH PANTAI SRAU PACITAN - Assalamu'alaikum Wr Wb Selamat pagi sob, bertemu lagi dengan saya. Dalam postingan kali ini masih seperti postingan sebelumnya, kita masih jalan jalan dulu sob di pantai. Kalau sebelumnya kita membahas tentang  PANTAI SOGE kali ini membahas tentang PESONA PANTAI SRAU PACITAN.